Zoom Satu Jam Saja Bagian Kesekretariatan
Sukadana, Rabu, 26 Maret 2025 - Diruang Media Center Tim Kesekretariatan mengikuti Zoom yang hari ini materi disampaikan oleh Yusri Amien, S.Kom ., M.H Kepala Subbagian Umum dan Keuangan Pengadilan Agama Tulang Bawang Tengah dengan Materi " Manajemen Pengelolaan DIPA Abstrak "
Mengangkat masalah Kurangnya Fleksibelitas dalam perencanaan anggaran dalam implentasi yang kaku sering kali menyulitkan pemerintah dalam beradaptasi dengan perubahan kondisi ekonomi atau sosial yang terjadi juga potensi penyalahgunaan anggaran oleh pihak pihak tertentu yang tidak bertanggungjawab seringkali menghambat upaya untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan DIPA.
Sehingga dengan adanya permasalahan tersebut perlu memperkuat manajemen pengelolaan DIPA dengan melakukan perbaikan di berbagai aspek termasuk kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan tehnologi informasi serta peningkatan pengawasan dan akuntabilitas dalam pelaksanaan anggaran.
Dengan Rumusan Masalah :
1. Bagaima a proses dan mekanisme pengelolaan DIPA yang efektif?
2. Apa saja prinsip- prinsip yang harus diterapkan dalam pengelolaan DIPA?
3. Bagaimana upaya mengatasi tantangan dalam implementasi pengelolaan DIPA?
Proses Manajemen pengelolaan DIPA :
1. Penyusunan Daftar Isian PelaksaƱaan Anggaran (DIPA)
2. Penetapan dan Pengesahan DIPA
3. Pelaksanaan Anggaran
4. Pengawasan dan Pengendalian.
Anggaran Uang Negara hendaklah digunakan semaksimal mungkin dan tidak boleh ada sedikitpun kesalahan karena serupiahpun kekeliruan harus dipertanggungjawabkan demikan Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung H. Insyafli menegaskan dalam penjelasannya.